Cara Menjadikan Ramadhan Produktif

pixabay.com


Akankah kita sampai pada ramadhan?

Marhaban ya Ramadhan, ya kita telah sampai pada detik-detik bulan yang berbahagia ini. Jika dihitung hitung ramadhan kurang beberapa hari lagi. 

Nah untuk menyambut bulan yang penuh berkah ini ada baiknya jika kita mempersiapkan diri dari awal, misalkan memperbanyak puasa, belajar untuk menahan emosi dan sebagainya. Namun hal yang sangat merugikan saat ramadhan adalah kita banyak yang menyia-nyiakan waktu

Disini saya akan membagikan tips and trik agar ramadhan kita berkah, namun sebelumnya saya akan memberikan pertanyaan kepada kalian semua:

Bagaimana cara menjadikan ramadhan produktif?

Nah coba kalian jawab sendiri, kalau ramadhan versiku sih harus diisi dengan hal-hal yang produktif, mengapa? Karena sesungguhnya ramadhan Allah perintah Allah, perintah untuk agar umatnya melakukan puasa. 

Apa sih sisi positifnya puasa? Yang jelas tujuan utama puasa adalah untuk menahan nafsu, amarah dan sebagainya.

Lalu Bagaimana cara menjadikan ramadhan produktif?

1. Membuat Target


Caranya yang pertama kalau saya sih, membuat target-target selama ramadhan. Misalkan yang semula tilawahnya hanya dua lembar ditingkatkan menjadi one day one juz.

2. Ketahui Sebab Ramadhan tidak Produktif


Banyak sekali hal yang membuat Ramadhan kita berlalu dengan percuma. Misalkan sering banyak tidur, nonton tv yang menampakkan aurat, ghibah dan sebagainya. 

Lalu kan katanya tidurnya orang puasa itu berpahala, nah apakah kita mau tidur terus sepanjang hari? 

Lalu menonton tv yang menampakkan aurat (halah kan aku nontonnya film kartun, hehe)

google.com

3. Manfaatkan Waktu Luang


Jangan buang waktumu dengan percaya, gals. Manfaatkan waktu kosong dengan cara misalkan membaca buku, mengikuti seminar, olahraga ringan, membantu orang tua, mengajari adek dan sebagainya. Tuh, banyak kan?

Dengan bertekad menjadikan Ramadhan kita lebih baik, Insyaallah kita akan menjadi hamba yang dicinta oleh Allah. Mari bersama-sama raih kemuliaan Ramadhan!

google.com



Penulis: Mega Adjie, siswa kelas 10 SMA IT Al-Uswah Surabaya. Kunjungi blognya di http://megaadjiew.blogspot.co.id/

Comments

Popular Posts